Kekayaan Pencipta Facebook: 17,4 Trilyun


Posted in Belajar Internet & Bisnis Online on Mar 06, 2009

Tidak kenal facebook? Rasanya tidak mungkin deh bagi mereka yang sudah sering berselancar di dunia maya. Situs Facebook sudah seperti candu. Situs yang diluncurkan sejak 6 Februari 2004 ini telah menembus angka 175 juta penggemar di seluruh dunia.

Banyaknya pengguna facebook tentu saja menarik perhatian perusahaan-perusahaan untuk memasang iklan mereka di situs tersebut. Dan itu mengantarkan Mark Zuckerberg sebagai orang terkaya ke-321 di dunia versi majalah Forbes. Nilai kekayaannya diperkirakan mencapai 1,5 milyar dolar AS atau sekitar Rp.17,4 Trilyun !

Kekayaan sebesar itu tentu luar biasa untuk ukuran pemuda yang baru berusia 25 tahun. Apalagi dia ternyata tidak tamat kuliah alias drop out.

Zuckerberg menciptakan Facebook saat ia menjadi mahasiswa psikologi di universitas Harvard, Amerika Serikat (AS). Meski kuliah di jurusan psikologi, Zuckerberg jago membuat program komputer, hanya untuk bersenang-senang.

Mungkin karena latar belakang jurusan psikologi, ia gemar membuat situs sosial. Situs pertama yang dibuatnya adalah Coursematch.com. Sejak itu Zuckerberg masuk ke wilayah yang kemudian menjadi salah satu andalan Facebook: mengintip. Orang bisa mengintip matakuliah apa yang diambil orang lain.

Program ini lumayan populer tapi kemudian berantakan. Penyebabnya, Zuckerberg menjadikan laptopnya sebagai server sehingga tidak kuat dengan begitu banyaknya orang yang mengakses. Ia juga menciptakan Facemash, yang memungkinkan para pengguna mengukur daya tarik orang lain.

Tepat 5 tahun lalu, saat baru berusia 20 tahun, pemuda kelahiran 14 Mei 1984 ini meluncurkan “the Facebook” khusus mahasiswa Universitas Harvard. Nama itu mengikuti daftar yang mesti diisi mahasiswa dan staf baru universitas Harvard.

Hanya dalam 24 jam setelah diluncurkan, 1200 mahasiswa sudah jadi anggota. Dalam sebulan, separuh warga Harvard sudah jadi anggota. Keberhasilan ini mendorong Zuckerberg membuka keanggotaan “the Facebook” untuk seluruh mahasiswa di kota Boston. Dari sinilah titik tolak perkembangan Facebook yang selanjutnya menjadi salah satu situs terbesar di dunia.

(sumber: harian tribun batam)

Tidak ada komentar: