Mercusuar Anyer


pantai anyer mempunyai sebuah mercusuar yang berada di daerah cikoneng.Pendirian Mercusuar ini untuk memudahkan Kapal-kapal laut yang berlayar di wilayah Propinsi Banten agar tidak kehilangan arah berkat tuntunan petugas mercusuar Cikoneng. Keberadaan mercusuar yang berjasa ini menambah satu lagi obyek wisata yang wajib dikunjungi di provinsi muda ini, selain menikmati indahnya panorma pantai, mercusuar ini saksi bisu sejarah perjalanan bangsa Indonesia zaman Belanda dan Jepang.

Usia mercusuar ini sekitar seratus dua puluh tahun, tinggi bangunan mercusuar 75,5 meter dan letaknya strategis berada persis dipinggir jalan sehingga menjadi perhatian khalayak yang lewat sebab tak ada bangunan lain yang menyamai tingginya Mercusuar Cikoneng dibangun pada tahun 1885. Dua tahun setelah Gunung Krakatau meletus menyemburkan laharnya yang dahsyat.

Bahan bangunan mercusuar ini menggunakan baja sehingga sampai sekarang masih berfungsi, di dalamnya terdapat anak tangga yang melingkar mengitari dinding mercusuar. Untuk sampai kepuncak harus melewati 286 anak tangga, dan bisa melihat Gunung Krakatau. Bila langit tidak berawan bisa melihat Propinsi Lampung.

Selain itu Mercusuar ini dikenal letaknya pada titik awal jalan raya Anyer-Panarukan..Selain berdasarkan Fungsinya, disekitar pantainya juga bisa membuat kita terlena akan keindahannya..Pada hari libur pantai ini kerap kali di kunjungi oleh wisatawan baik domestic maupun mancanegara… Untuk masuk ke pantai ini, cukup murah ko..apalagi untuk masuk kedalam mercusuar kita hanya di pungut biaya Rp 1000. banyak kios penduduk setempat yang menjajakan beragam makanan seperti otak-otak yang bahan bakunya terbuat dari ikan..Di dalam wilayah ini terdapat beberapa villa yang sengaja disewakan untuk para pengunjung yang ingin melewati malam dengan ditemani desiran angin pantai yang menentramkan jiwa.

Tidak ada komentar: